Mengenal 4 Jenis Kucing Persia dan Ciri Fisiknya

Memelihara kucing bisa mendatangkan beragam manfaat, terutama bagi kesehatan mental. Salah satu pilihan kucing yang bisa dijadikan peliharaan yang manis adalah kucing persia. Jenis kucing ini memang sudah lama diminati oleh banyak orang karena karakternya yang manis dan bentuk fisiknya yang menggemaskan. 

Jenis Kucing

Ternyata kucing ini juga punya beberapa jenis yang lebih spesifik lagi. Setiap jenis memiliki karakter fisik yang beragam meskipun semuanya sama-sama lucu. Berikut adalah 4 jenis kucing yang masuk ke dalam golongan persian cat:

  • Flat Nose

Pertama ada jenis persia flat nose atau kucing hidung pesek. Sesuai dengan namanya, kucing jenis ini memiliki hidung yang kecil atau pesek. Bentuk hidungnya ini membuat wajah si kucing jadi terlihat rata karena posisi hidung hampir sejajar dengan mata. 

 

Jenis kucing flat nose ini biasanya punya bulu yang tebal sehingga akan membutuhkan perawatan yang ekstra. Kucing ini juga biasanya sangat aktif dan lincah saat bergerak. Usahakan untuk meluangkan banyak waktu bermain bersama kucing jenis ini.

  • Peak Nose

Selain flat nose, ada tipe persia peak nose. Ini merupakan jenis kucing persia yang memiliki ukuran hidung paling pesek, datar, serta berukuran kecil. Semakin pesek kondisi hidungnya, si kucing ini dapat dihargai dengan harga yang semakin mahal pula. 

 

Namun perlu diketahui bahwa jenis kucing ini memiliki imunitas yang lebih rentan dibandingkan tipe kucing lain. Oleh sebab itu perlu dilakukan perawatan yang ekstra dna vaksinasi harus dilengkapi. Jenis kucing ini juga biasanya sering mengeluarkan kotoran mata sehingga harus sering dibersihkan.

  • Medium

Jenis kucing ini memiliki bentuk hidung yang medium, tidak terlalu pesek juga tidak terlalu mancung. Umumnya kucing ini memiliki bulu yang sangat tebal sehingga butuh perawatan lebih sulit. Sementara itu untuk daya tahan tubuhnya jauh lebih kuat jika dibandingkan tipe persia peak nose.

 

Persia medium dibedakan lagi menjadi dua jenis yaitu long hair dan short hair. Long hair merupakan kelompok kucing yang memiliki bulu panjang dan short hair yang memiliki bulu pendek. Perawatannya jauh lebih sulit persia medium long hair dibandingkan short hair.

  • Himalayan

Berikutnya ada tipe persia himalayan yang juga punya bentuk tubuh lucu dan menggemaskan. Kucing jenis ini memiliki pola bulu yang khas yaitu gelap di bagian kepala atau wajahnya dan terang di bagian badan. Bagian kaki dari kucing ini juga cenderung gelap. Poin menarik dari jenis kucing ini adalah memiliki usia yang cukup panjang yaitu bisa sampai 15 tahun jika dirawat dengan baik.

Itulah 4 jenis persian cat yang bisa dijadikan hewan peliharaan kesayangan. Tips mengenai hewan peliharaan serta gaya hidup bisa didapatkan dari artikel home & living. Anda bisa menemukan banyak ilmu baru mengenai hewan peliharaan maupun beragam serba-serbi urusan rumah dan gaya hidup.

Leave a Comment