Review Audi S5 Sportback 2021

Sebuah facelift untuk Audi S5 Sportback memperkenalkan detail gaya baru dan peralatan yang ditingkatkan ketika mulai dijual di sini pada akhir tahun 2020. S5 sekarang menggunakan velg 20 inci yang lebih besar dan dilengkapi lampu depan Matrix LED juga. Tapi powertrain turbo V6 260kW yang mencolok dibawa tanpa perubahan performa atau efisiensi bahan bakar. Audi Australia memang menyesuaikan harga ke atas pada saat itu, tetapi importir mengklaim S5 tetap jauh lebih terjangkau daripada saingan utamanya. Apakah lebih baik? Ya, dengan beberapa kualifikasi…

Performa hebat untuk penumpang yang dimanjakan

Ada pasar yang siap untuk mobil penumpang performa menengah yang menghadirkan kepraktisan dan prestise dalam satu paket. Itu banyak kata ‘p’, tetapi Audi memiliki balasan dan itu dimulai dengan S.

Dengan harga $106.500 ditambah biaya on-road dalam bentuk standar, Audi S5 Sportback 2021 memang menawarkan nilai yang cukup baik untuk pembeli yang cerdas dan menguangkan, dan membuat kesan yang baik sejak awal, mengendarai velg 20 inci dan menampilkan cat metalik dan bak truk listrik yang dikendalikan gerakan.

Kaca spion luar yang dapat dilipat ke dalam terhubung ke memori posisi kursi pengemudi dan kaca spion samping penumpang akan turun saat mundur.

Di dalam, fitur kenyamanan dan kemudahan dimulai dengan kursi depan sport yang menawarkan penyesuaian daya (termasuk dukungan lumbar), pemanas kursi, dan fungsi pemijatan. Pelapis kulit Nappa digunakan di seluruh kabin dalam apa yang digambarkan Audi sebagai ‘paket pelapis yang diperpanjang’.

Kaca privasi adalah standar, seperti sistem kontrol iklim tiga zona. Untuk infotainment, ada sistem audio surround-sound Bang and Olufsen yang menggabungkan radio digital dan integrasi smartphone canggih (Apple CarPlay/Android Auto), yang beroperasi melalui layar sentuh 10,1 inci. Smartphone dapat diisi ulang dari baki induktif (nirkabel).

Navigasi satelit, tampilan head-up dan tampilan instrumen multi-mode Virtual Cockpit Audi juga standar.

Kendaraan uji juga dilengkapi dengan pilihan opsi biaya tambahan, terdiri dari quattro sport differential seharga $2990, paket styling eksterior hitam seharga $1495 dan inlay dekoratif interior ‘carbon atlas’ seharga $1000. Harga total, seperti yang diuji, adalah $ 111.985 ditambah ORC.

Lampu depan Matrix adalah contoh seni yang cemerlang

Salah satu fitur baru untuk Audi S5 Sportback 2021 yang diperbarui adalah sistem lampu depan Matrix LED, yang mencelupkan lampu ke dalam kota dan secara progresif mencelupkan elemen cahaya yang menyinari sinar tinggi langsung ke mobil yang melaju. Hasil fungsional dari ini adalah pencahayaan sinar tinggi di kedua sisi jalan dan di depan Audi tanpa menyilaukan pengemudi kendaraan yang mendekat.

Ini, karena menginginkan ekspresi yang lebih baik, sistem yang brilian. Selama lari di malam hari, lampu terbukti paling efektif, meskipun sistem tidak memilih sinar tinggi di kaki belakang test drive karena beberapa alasan. Pada cahaya rendah, lampu depan tetap bagus, bersinar jauh ke depan dalam gelap, untuk lebih lengkapnya di Tips Otomotif.

Tetapi S5 Sportback tidak terbatas hanya pada lampu depan yang luar biasa. Fitur bantuan pengemudi lain yang dipasang sebagai standar termasuk pemantauan kamera 360 derajat, kontrol jelajah adaptif dengan fungsi stop-and-go, bantuan jalur aktif, peringatan keberangkatan jalur, peringatan lalu lintas belakang, pengereman darurat otonom (maju dan mundur) dan panduan akustik dengan sensor parkir ultrasonik.

Peringkat keamanan ANCAP untuk Audi A5 adalah lima bintang, berdasarkan protokol uji 2015. Itu berlaku untuk S5 Sportback juga, meskipun mesin yang berbeda dipasang dalam kasus terakhir.

Tidak ada perubahan untuk powertrain yang sehat

Tidak ada peningkatan untuk mesin V6 3.0 liter turbocharged yang menggerakkan Audi S5 Sportback 2021, atau otomatis delapan kecepatan yang mentransmisikan torsi ke keempat roda melalui drivetrain quattro Audi.

Tetapi setiap perubahan pada mesin akan berlebihan. V6 menghasilkan torsi luar biasa di mana-mana dalam rentang putaran, dan menghasilkan torsi itu dengan respons throttle tanpa basa-basi dan catatan knalpot yang sesuai.

V6 sebenarnya menyenangkan di telinga, dengan geraman mengancam di mid-range dan lolongan yang menarik perhatian hingga redline 6500rpm.

Kecepatannya juga sangat tenang. Ketika tetap pada batas jalan terbuka, mesin berdetak pada 1500rpm dengan hanya suara bass yang terdengar pada kecepatan itu dan nyaris tidak terdengar. Bahkan, mesinnya benar-benar disempurnakan dari idle hingga redline.

Transmisi ZF bergeser dengan sangat halus, tetapi juga bergeser ke atas secara otomatis pada redline 6500rpm, bahkan dalam mode manual. Ini adalah transmisi responsif yang juga cukup adaptif ketika dioperasikan dengan tepat dalam skenario hard-driving.

Selama test drive, S5 Sportback menghasilkan angka ekonomi bahan bakar 11.1L/100km. Itu jauh dari angka siklus gabungan nosional 8,8L/100km, tetapi dengan begitu banyak output mesin, godaan selalu ada untuk mengemudi untuk bersenang-senang daripada hemat.

Bahkan dengan itu, angka yang diuji tidak masuk akal untuk mobil ukuran menengah dengan mesin turbo 3,0 liter yang dibaut ke konverter torsi dan menggerakkan keempat rodanya.

Aman tapi memuaskan

Dengan penggerak semua roda dan semua perlengkapan lainnya untuk berkendara yang aman, Audi S5 Sportback 2021 terkadang terasa kurang memuaskan.

Pada kenyataannya, ini adalah mobil yang menghadirkan banyak kepuasan berkendara.

Disetel ke mode Dinamis yang dipilih menggunakan sistem Audi Drive Select S5 Sportback berputar secara responsif dan tepat, mempertahankan garis yang stabil dengan daya yang diterapkan.

Angkat dan beratnya bergeser cukup untuk dirasakan di bagian belakang mobil yang pasti lebih disukai daripada alternatifnya.

Dan sejujurnya tentang ini, S5 Sportback dapat mengumpulkan banyak cengkeraman untuk jenis kendaraannya. Itu ada di atas sana dengan hot hatch yang gesit dan mobil sport yang eksotis.

Dalam hal pengereman, pedal terasa terpuji, begitu pula kinerja pengereman, tetapi menghentikan S5 Sportback dengan lembut tanpa kesulitan terakhir itu sulit dengan sistem idle-stop diaktifkan.

Dibiarkan dalam mode Otomatis atau Dinamis, S5 Sportback menawarkan kualitas pengendaraan yang sama kuatnya dengan yang diharapkan pada mobil sekaliber ini. Beralih ke mode Comfort, bagaimanapun, dan suspensi menyerap gundukan jauh lebih baik. Ada cukup banyak perbedaan antara mode Dinamis dan Kenyamanan, sehingga pengemudi menjadi pilihan nyata.

Ada bisikan angin di jalan bebas hambatan, tetapi kontak antara permukaan jalan dan ban Dunlop 265/30ZR20 menyumbang tingkat kebisingan tertinggi di dalam kabin meskipun masih dapat ditekan dengan sangat baik.

Posisi mengemudi biasanya Audi, yang berarti nyaman dan memerintah. Kokpit Virtual Audi telah diambil alih oleh upaya BMW baru-baru ini, tetapi masih merupakan antarmuka yang menarik secara visual.

Seperti yang kami temukan pada model Audi lainnya, fungsi touchpad di layar infotainment tidak mengintimidasi orang yang dominan tangan kanan seperti sistem yang lebih tua di masa lalu.

Menggunakan tangan kiri untuk menuliskan huruf, angka, dan bahkan seluruh kata pada touchpad mobil untuk memasukkan tujuan dalam sistem navigasi satelit menjadi lebih mudah.

Di bagian belakang, ruang kepala sedikit untuk orang dewasa 180cm atau lebih tinggi, seperti yang diharapkan dari mobil dengan garis atap yang lebih rendah, tetapi ruang kaki cukup luas.

Ventilasi belakang memiliki tombol terpisah untuk menyesuaikan suhu untuk zona ketiga dari sistem kontrol iklim. Dan ada dua port USB untuk pengisian ulang dan satu outlet 12V di bagian belakang konsol tengah.

Kursi belakang tidak sepenuhnya terlipat rata, tetapi lantai bagasi rata dengan bagian belakang kursi saat diturunkan, jadi memuat barang yang lebih panjang dan menggesernya ke depan dengan kursi yang diturunkan seharusnya tidak menimbulkan masalah.

Tidak hanya boot itu sendiri yang cukup besar untuk praktis untuk sebagian besar penggunaan, rak parsel dua bagian/tirai kargo adalah bagian desain yang cerdas. Satu panel yang dapat dilepas diikat ke bak truk, yang lain diletakkan secara horizontal di slot di kedua sisi kompartemen beban, untuk dilepas dengan mudah dengan menggesernya keluar.

Dengan bak truk bertenaga diturunkan, isi bagasi disembunyikan, tetapi dua potong tirai kargo padat mudah dilepas untuk memuat barang-barang yang lebih besar.

Akhirnya, S5 Sportback dilengkapi dengan cadangan penghemat ruang, yang tidak ideal di Australia, tetapi juga agak dapat dimaafkan di dalam mobil seperti ini.

Satu untuk penggemar berkarat

Sudah diketahui bahwa penjualan mobil penumpang sedang menurun mungkin penurunan terminal, pada saat itu.

Mobil seperti Audi S5 Sportback 2021 kemungkinan akan menjadi benteng terakhir model penumpang tradisional. Audi memberikan jenis sifat berkendara yang dinamis, kenyamanan, penyempurnaan, dan keamanan yang selalu diinginkan oleh para penggemar.

Mereka tidak akan ditenangkan dengan memiliki SUV. Itu bagus untuk mobil keluarga, mungkin, tetapi akan ada kebutuhan berkelanjutan untuk mobil seperti S5 Sportback untuk memenuhi tuntutan pengemudi yang benar-benar suka mengemudi dan cepat.

Apakah S5 Sportback mobil yang lebih baik dari para pesaingnya? Itu akan menjadi ya, untuk Mercedes-AMG C 43 yang lebih mahal, dan ya yang memenuhi syarat untuk BMW M340i xDrive.

BMW dalam bentuk ‘Murni’, mengembangkan tenaga lebih besar, dengan harga lebih murah dan juga dilengkapi penggerak semua roda.

Tapi Audi terlihat bagus, bak truk liftback-nya praktis dan menawarkan lebih banyak peralatan dalam bentuk standar daripada BMW. Lebih banyak speaker audio, velg lebih besar, lampu depan canggih, dan lebih banyak penyesuaian kursi daftarnya terus bertambah.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *